beritaGo.com
 
 
   
 
 
Tutup Iklan
ads
 

Sumbang Majalah ke Arpusda Pati, Ketua Komite Sastra Ajak Pemuda Cintai Karya Sastra Lokal

Sumbang Majalah ke Arpusda Pati, Ketua Komite Sastra Ajak Pemuda Cintai Karya Sastra Lokal

 
ratna ayu
2016-02-05 15:10:46
ratna ayu Pendidikan 0 253
 
 
Sumbang Majalah ke Arpusda Pati, Ketua Komite Sastra Ajak Pemuda Cintai Karya Sastra Lokal

Sumbang Majalah ke Arpusda Pati, Ketua Komite Sastra Ajak Pemuda Cintai Karya Sastra Lokal

 

Berita Pendidikan Pilihan

 
 
 
 
 

Budaya membaca buku apalagi karya sastra, saat ini sudah jauh tergeser. Hal tersebut diperparah dengan majunya teknologi telepon pintar. Meski pun buku-buku karya sastra  sudah banyak yang dikonversikan menjadi buku digital (e-book) namun minat baca anak muda pada karya sastra masih belum dapat dikatakan menggembirakan. Moto dunia dalam genggaman nampaknya tak sepenuhnya benar. Melalui kemajuan telepon pintar, seyogyanya masyarakat harus lebih pandai dalam menggali pengetahuan. Namun sayangnya, telepon pintar yang ada lebih banyak dijadikan sebagai media pamer dan ajang selfie.

"Membaca dan menulis di era kemajuan digital sekarang ini seharusnya tidak sulit, namun nampaknya masyarakat belum menyadari fungsi dari kemajuan teknologi yang sebenarnya," Kata Khoirun Niam, Ketua Komite Sastra Dewan Kesenian Pati (DKP)

Khoirun menjelaskan perkembangan keilmuwan masyarakat dapat dilihat dari tingkat menulis dan membaca. Pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah saja tidak cukup untuk meningkatkan minat baca anak muda. Khoirun bersama dengan anggotanya berinisitatif untuk andil dalam peningkatan budaya baca masyarakat Pati dengan meluncurkan Majalah Sastra Omah Singgah. "Kami berharap dengan adanya Majalah Sastra Omah Singgah ini dapat mengajak masyarakat terutama sekolah-sekolah untuk bersama-sama berdiskusi mengenai perkembangan karya-karya sastra. Kami juga ingin mengajak anak muda untuk mempelajari karya sastra yang dimiliki Pati," ujar Khoirun 

Kedepannya, setelah muncul Majalah Sastra Omah Singgah yang akan diterbitkan 4 bulan sekali ini, Komite Sastra Dewak Kesenian Pati (DKP) akan membuat Omah Singgah sebagai wadah untuk memperdalam kemampuan literasi sastra. Dia juga memberikan majalah tersebut secara cuma-cuma untuk koleksi literatur di Arsip dan Perpustakaan Daerah (ARPUSDA) Pati.

"Minimnya sarana dari Pemda berupa buku-buku referensi dan ruang khusus penulisan sastra di tataran lokal membuat kami berinisiaatif untuk membuat suatu tempat yang bisa dilakukan oleh pecinta sastra untuk belajar dan juga untuk berdiskusi bersama dengan kami mengenai karya sastra," ungkap Puji.

 
 
 

Promoted Stories

Lainnya

 
 

Komentar Sedulur

   Belum ada komentar dari sedulur beritaGo.

  Tulis Komentar

   Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
 

Komentar Facebook

   
image

beritago.com merupakan portal berita dan informasi yang mengusung konsep "social media journalism", yakni dimana masyarakat dapat ikut menjadi kontributor informasi serta menggunakan portal beritaGo.com dengan bertanggungjawab dan sesuai dengan ketentuan penggunaan yang telah ditetapkan,

Informasi dan Kerjasama

  •   contact@beritaGo.com
  •  08123456789 / 024-123456
  •  indiego inti corpora ltd
   
 
 
Copyright 2016 beritaGo by indiego inti corpora. Social Media Journalism and Social Broadcasting System. All Rights Reserved.

Local Straight News , Aggreggate Content dan Social Media Journalism oleh beritaGo.com
Copyright 2014-2016 All Rights Reserved. beritaGo.com is a registered trademark of indiego inti corpora
Jawa Tengah, Indonesia.

Tutup Iklan